Senin, 15 Maret 2010

Asuransi dan modal saham



·                     Asuransi
Dalam hal hukum dan ekonomi adalah suatu bentuk dari manajemen risiko terutama digunakan untuk lindung nilai terhadap risiko kerugian kontingen. Secara sempit asuransi adalah sebuah sistem untuk merendahkan kehilangan finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya.
Asuransi dalam Undang-Undang No.2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.
·                     keuntungan perusahaan asuransi
Perusahaan asuransi juga mendapatkan keuntungan investasi. Ini diperoleh dari investasi premi yang diterima sampai mereka harus membayar klaim. Uang ini disebut "float". Penanggung bisa mendapatkan keuntungan atau kerugian dari harga perubahan float dan juga suku bunga atau deviden di float.
·                     Dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, yaitu :
1.      Insurable interest Hak untuk mengasuransikan, yang timbul dari suatu hubungan keuangan, antara tertanggung dengan yang diasuransikan dan diakui secara hukum.
2.      Utmost good faith Suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap, semua fakta yang material mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta maupun tidak..
3.      Proximate cause Suatu penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rantaian kejadian yang menimbulkan suatu akibat tanpa adanya intervensi suatu yang mulai dan secara aktif dari sumber yang baru dan independen.
4.      Indemnity Suatu mekanisme dimana penanggung menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).
5.      Subrogation Pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar.
6.      Contribution Hak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya yang sama-sama menanggung, tetapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity
·                     Modal Saham

        Sebuah badan usaha merupakan modal awal yang dibayar ke dalam atau diinvestasikan dalam bisnis  oleh para pendirinya.

·                     Jenis-jenis Saham

Saham biasanya mengambil bentuk saham baik saham biasa atau saham preferen. Sebagai unit kepemilikan, saham biasa biasanya membawa hak suara yang dapat dilaksanakan dalam keputusan perusahaan. Saham yang dipilih berbeda dari saham biasa dalam hal itu biasanya tidak memegang hak suara tetapi secara hukum berhak untuk menerima tingkat tertentu dividen pembayaran sebelum dividen dapat dikirimkan kepada pemegang saham lainnya. preferred stock adalah saham preferen yang mencakup pilihan bagi pemegangnya untuk mengubah pilihan saham menjadi jumlah tetap saham biasa, biasanya setiap saat setelah tanggal yang telah ditetapkan. Saham preferen dapat hibrida dengan memiliki sifat-sifat ikatan tetap kembali dan hak suara saham biasa. Deviden atas saham biasa dan juga telah diberikan preferensi pada saat likuidasi atas saham biasa..
            Saham berjangka adalah kontrak di mana pembeli lama, yaitu, mengambil kewajiban untuk membeli pada tanggal jatuh tempo kontrak, dan penjual yang pendek, yaitu mengambil kewajiban untuk menjual. Berjangka indeks saham umumnya tidak disampaikan dengan cara biasa , tapi secara tunai pemukiman. Secara khusus, sebuah call option adalah hak (bukan kewajiban) untuk membeli saham di masa mendatang pada harga tertentu dan sebuah put option adalah hak (bukan kewajiban) untuk menjual saham di masa mendatang pada harga tetap Dengan demikian, nilai opsi saham perubahan dalam reaksi terhadap saham yang mendasari itu adalah turunan. Metode yang paling populer dari penilaian opsi saham adalah Black Scholes model. Terlepas dari pilihan panggilan diberikan kepada karyawan, sebagian besar opsi saham yang dipindahtangankan.

·                     Pembelian

Ada berbagai metode pembelian dan pembiayaan saham. yang paling umum adalah melalui broker saham.adalah pelayanan penuh atau diskon broker, mereka mengatur pengalihan saham dari penjual kepada pembeli Kebanyakan perdagangan sebenarnya dilakukan melalui broker yang terdaftar dengan bursa saham.
.           Ada banyak pialang saham yang berbeda dari yang untuk memilih, seperti layanan penuh diskon broker atau pialang. Broker layanan penuh biasanya memungut lebih per perdagangan, tetapi memberikan nasihat investasi atau lebih layanan pribadi; broker diskon sedikit atau tidak menawarkan nasihat investasi tetapi biaya lebih sedikit untuk perdagangan. Tipe lain dari broker akan menjadi bank atau credit union yang mungkin telah membuat kesepakatan dengan salah satu layanan penuh atau diskon broker.
·                     Penjualan
Penjualan saham secara prosedural sama dengan membeli saham. Umumnya, investor yang ingin membeli rendah dan menjual tinggi, jika tidak dalam order (short selling); meskipun sejumlah alasan dapat mendorong investor untuk menjual dengan rugi, misalnya, untuk menghindari kerugian lebih lanjut. Seperti membeli saham, ada biaya transaksi untuk usaha broker dalam penyusunan pengalihan saham dari penjual kepada pembeli. Biaya ini bisa tinggi atau rendah tergantung pada jenis broker, pelayanan penuh atau diskon, menangani transaksi.
·                     fluktuasi harga saham
 Harga sebuah saham berfluktuasi secara mendasar karena teori penawaran dan permintaan.Seperti semua komoditas di pasar, harga saham sensitif terhadap permintaan. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap saham tertentu. Bidang analisis fundamental dan analisis teknis upaya untuk memahami kondisi pasar yang mengarah pada perubahan harga, atau bahkan memprediksi tingkat harga..

Sumber : Wikipedia, ensiklopedia bebas


1 komentar: