Minggu, 07 Maret 2010

Manajemen Dana Bank


A.     Latar Belakang
Perbankan di Indonesia yang berazaskan demokrasi ekonomi yang memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat,dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, mempunyai peran utama penunjang pelaksanaan pembangunan dalam rangka meningkatkan pemerataan kesejahteraan.. Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasinya. Untuk menopang kegiatan bank sebagai memberikan pinjaman, bank harus lebih menghimpun dana sehingga dari selisih bunga tersebutlah bank memperoleh keuntungan. Sumber-sumber dana bank tersebut adalah Dana Yang Bersumber Dari Bank Itu Sendiri yaitu Setoran modal, Cadangan-cadangan bank, Laba yang belum di bagi, sedangkan Dana Yang Berasal Dari Masyarakat Luas adalah Giro,tabungan,dan deposito.
B.     Isi Pembahasan
Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya. Sumber-sumber dana bank Sebagai adalah:
  1. Dana Yang Bersumber Dari Bank Itu Sendiri,yaitu :Setoran modal dari pemegang saham
  2. Cadangan-cadangan bank, yaitu cadangan-cadangan laba pada tahun lalu yang   tidak dibagikan kepada pemegang saham.
  3. yang belum di bagi, laba yang belum dibagi merupakan laba yang memang belum di bagikan pada tahun yang bersangkutan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk sementara waktu.
  4. Dana Yang Berasal Dari Masyarakat Luas,yaitu :
·        Simpanan Giro
·        Simpanan Tabungan
·        Simpanan Deposito

  1. Dana yang bersumber dari lembaga lain,yaitu
·        Kredit likuiditas dari Bank Indonesia
·        Pinjaman antar bank,
·        dari bank-bank luar negeri
·         Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).  


Simpanan Giro
giro adalah sipanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saatdengan menggunakan cek, Bilyet Giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan. Penarikan secara tunai dengan menggunakan cek sedangkan penarikan non tunai dengan menggunakan Biyet Giro.
Cek Merupakan surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang bersangkutan didalamnya atau kepada pihak pemegang cek tersebut.
·        Jenis-jenis Cek antara lain adalah :
a.       Cek atas nama
b.      Cek atas unjuk
c.       Cek silang
d.      Cek mundur
e.       Cek kosong
Bilyat Giro merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening Giro nasabah tersebut untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yang disebutkan namanya pada bank yang sama atau bank lainnya.
Simpanan Tabungan
                  simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang disepakati dan tidak dengan cek, bilyet giro atau alat lain yang dipersamakan
Alat penarikan tabungan yaitu:
1.      Buku Tabungan
2.      Slip Penarikan
3.      Kartu ATM

Simpanan Deposito
Menurut UU No. 10 tahun 1998, deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.
Jenis-jenis Deposito :
1.      Deposito Berjangka ( tidak bisa di pindah tangankan)
2.      Sertifikat Deposito ( dapat diperjual belikan)
  1. Deposito On Call (jangka waktunya tidak lebih dari 1 bulan)
Kesimpulan


Sumber dana bank Adalah usaha Bank dalam menghimpun dana,sdangkan  manajemendana bank Adalah suatu kegiatan perencanaan,Pelaksanaan, dan pengendalianterhadapPenghimpunan dana yang ada di masyarakat Dari masyarakat
Dana yang diperoleh dari berbagai sumber diperlakukan sebagai dana tunggal sehingga sumber dana tidak lagi dibedakan berdasarkan jenis dan sifat sumber dana selanjutnya dana dialokasikan berdasarkan perioritas dan strategi perusahaan sedangkan Dana yang diperoleh dari berbagai sumber tidak dianggap sebagai dana tunggal sehingga dalam alokasinya diperlakukan secara individu dengan pertimbangan karakterisitik masing-masing sumber dana
Sumber :
peni.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../Sumber-sumber+Dana+Bank.ppt
rinofeunp.files.wordpress.com/2009/02/manajemen-dana.ppt
http://infoperbankan.blogspot.com/2008/09/sumber-sumber-dana-bank.html





1 komentar: